Musik, merupakan sebuah seni yang dapat menjadi wadah (media) sekaligus bahasa universal manusia dalam berkspresi. Lagu dalam musik dapat menyampaikan suatu pesan. Melalui lirik, suatu lagu dapat mengandung pesan cerita, perasaan, seruan, atau bahkan ideologi dari si penulis.
Pesan sebuah lagu ini juga salah satunya dapat berupa pesan perdamaian, bahkan dapat dapat menjadi sebuah march gerakan perdamaian atau anti-war movement.

Lagu apa sih yang mengandung pesan itu? Banyak banget! Nah, kita udah pilih beberapa lagu yang bisa kalian dengerin. Here’s our pick:

  • Nena – 99 Luftballons

Lagu dari band Jerman beraliran NDW (Neue Deutsche Welle) ini dirilis pada 1983, di mana saatitu Jerman terbagi atas dua negara yang terpisah, yaitu Jerman Barat dan Timur. Lagu ini bercerita tentang bagaimana akibat dari perang nuklir yang menghasilkan kerusakan dan hanya menyisakan reruntuhan.

  • Black Eyed Peas – Where is the Love?

Lagu hiphop ini dalam liriknya berisi tentang pesan perdamaian, membahas isu pembunuhan, terorisme, dan rasisme. Lagu ini mengajak kita untuk menengok kembali akibat dari aksi anti-damai melalui sebuah pertanyaan: ‘Where is the Love?’

  • John Lennon – Imagine

Lagu solo dari seorang personel The Beatles ini mungkin sudah tidak asing lagi di telinga. Lirik lagu yang bernuansa utopis ini membawa kita untuk membayangkan bagaimana jadinya dunia ini jika semuanya hidup dengan damai.

  • Plastic Ono Band – Give Peace a Chance

Plastic Ono Band adalah grup band yang didirikan oleh John Lennon bersama istrinya, Yoko Ono, dan beberapa personel lainnya. Lagu Give Peace a Chance adalah salah satu lagu yang terpopuler mereka. Seperti judulnya, lagu ini memiliki pesan bahwa kita harus memberikan ruang atau kesempatan pada perdamaian.

Referensi:

Gasaway Hill, M. L. (2018). The Language of Protest: Acts of Performance, Identity, and Legitimacy. Palgrave Macmillan.

O’Connell, J. M. & Castelo-Branco, S. E. (2010). Music and Conflict. University of Illinois Press.

Categories: What The Fact

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

*
= 4 + 6