Susanna Madora Salter lahir di Lamira, Ohio, Amerika Serikat pada 2 Maret 1860. Ia lalu pindah ke Kansas pada tahun 1872 dan menetap dan menikah di sana. Suaminya adalah petugas kota (City Clerk) di sebuah kota kecil bernama Argonia. Sebagai istri dari seorang City Clerk, Susanna bertanggung jawab untuk menulis peraturan-peraturan kota.

 

Pada tahun 1887, Kansas memberlakukan hukum kepada wanita untuk memiliki hak pilihnya. Di tahun yang sama, organisasi politik yang Salter ikuti, Woman’s Christian Temperance Union, menyarankan isu State prohibition law sebagai isu utama dalam pemilihan umumnya dan menyelenggarakan pertemuan untuk membahas hal ini.
Namun, sekelompok pria di Argonia menolak usulan ini dan merasa wanita tidak boleh campur tangan terhadap urusan politik. Lalu mereka diam-diam mencalonkan Salter sebagai calon walikota sebagai bentuk lelucon. Mereka berasumsi bahwa Salter hanya akan mendapat sedikit suara dan akan mempermalukan Woman’s Christian Temperance Union. Salter tidak tahu-menahu soal hal ini hingga saat menjelang pemilihan.

 

Mengetahui hal ini, Ketua Partai Republik (Republican Party) daerah Argonia lalu menyuruh seorang perwakilan dari Partai Republik untuk memberitahu Salter. Salter pun ternyata tidak keberatan bila dijadikan calon Wali kota.
Pemilihan wali kota pun dilakukan dan berakhir secara mengejutkkan dengan kemenangan Susanna Salter, yang sekaligus sebagai Wali kota perempuan pertama di Amerika Serikat. Partai Republik membantu mendukung dan memilih Salter sebagai Wali kota, sehingga Salter bisa memenangkan sebanyak 2/3 suara.

 

Momen bersejarah ini banyak mendapat perhatian, dari liputan di surat kabar hingga mendapatkan banyak surat dukungan.

 

Sources:

Susanna Madora Salter First Woman Mayor (Kansas Historical Society)
https://www.kshs.org/p/kansas-historical-quarterly-susanna-madora-salter/13106

Susanna Madora Salter (Emily Taylor Center for Women & Gender Equity – University of Kansas)
https://emilytaylorcenter.ku.edu/pioneer-woman/salter

Categories: What The Fact

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

*
= 3 + 6