Edukasi merupakan dimensi penting dalam proses kembang tumbuh anak-anak, namun permasalahan seperti kebosanan yang dengan cepat melanda anak-anak karena monotonitas dalam proses pembelajaran menjadi sebuah kelumrahan dalam proses edukasi anak-anak dari kecil, khususnya yang masih dalam tahap pendidikan anak usia dini (PAUD). Film dan buku bergambar menyenangkan dapat membawa angin segar untuk anak-anak agar tidak cepat bosan serta menjaga antusiasme untuk belajar anak tetap ada. Berlandaskan dengan gagasan tersebut, Himpunan Mahasisa Hubungan Internasional (HIMATERS) membuka perdana penyelenggaraan Cinema and Fun Book melalui pemutaran film animasi berjudul ‘Battle of Surabaya’ karya Aryanto Yuniawan pada Sabtu, 7 Oktober 2018 di PAUD Uji Sehat II yang berlokasi di Jln. Mawar Jogobondo, Palur, Kecamatan Mojolaban, Kabupaten Sukoharjo.

Antusiasme tergambar dari setiap wajah anak-anak Paud Uji Sehat II sembari mereka menjelajahi halaman demi halaman buku dari katalog kecil yang tersedia di Paud untuk menunggu dimulai nya pembukaan Cinema and Fun Book. Antusiasme ditambah dengan rasa ingin tahu selanjutnya menyeruak bukan hanya untuk anak-anak yang sedang menempuh pendidikan di Paud itu saja, namun anak-anak sekitar PAUD dengan rentan usia 5 sampai 14 tahun bahkan mulai berdatangan seraya diputarnya film, penanda dibukanya kegiatan Cinema and Fun Book. Mata mereka tertuju serta terfokus pada film yang sedang diputar yang diakhiri dengan sesi tanya jawab yang dengan aktifnya mereka jawab juga.

Melibatkan mahasiswa/I Program Studi (PRODI) Hubungan Internasioanal (HI), Ica (sapaan akrab Intan Anissa Putri) selaku Kepala Departemen Sosial Masyarakat HIMATERS berharap melalui program kerja ini dapat menuai hal yang positif pada akhirnya dan hubungan antara mahasiswa/I HI dengan anak-anak PAUD II pada khususnya dan Desa Palur pada umumnya dapat terjaga, baik selama maupun setelah program kerja Cinema and Fun Book ini. (Oleh: Helmi Yoga P.)


0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

*
= 3 + 9