SOLO- Mahasiswa Program Studi (Prodi) Hubungan Internasional (HI) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Sebelas Maret (UNS) melakukan kegiatan studi ekskursi ke beberapa instansi yang ada di Jakarta. Instansi yang dikunjungi antara lainInstitut Francais Indonesia (IFI), Badan Pengkajian dan Pengembangan Kebijakan (BPPK) Kementrian Luar Negeri Indonesia, Kedutaan Besar Iran, Kementrian Koordinator Bidang Kemaritiman, dan Centre for Strategic and International Studies (CSIS).

Kegatan ini dilaksanakan mulai sejak 23 April 2018 dan berlangsung selama 5 hari hingga 27 April 2018. Selama itu, 35 mahasiswa dan 3 dosen HI FISIP UNS, yaitu Randhi Satria, S.IP, MA, Andriko Sandria, S.IP., MA, Muhnizar Siagian, S.IP, M.I.Pol,  berangkat ke Jakarta untuk melakukan studi ekskursi dengan mengunjungi 5 instansi untuk menambah ilmu pengetahuan bagi mahasiswa dan merasakan blangsung bagaimana berdialog langsung dengan para pakar yang ada di instansi untuk membahas isu yang berkaitan dengan HI.

Dengan mengusung tema “Diplomatic Engagement and International Relations”, studi ekskursi ini merupakan yang pertamakalinya yang diselenggarakan oleh program studi Hubungan Internasional FISIP UNS. Kegiatan ini dilaksanakan untuk membuka wawasan bagi mahasiswa dan menunjukkan kemampuan dan eksistensi Program studi HI yang mana juga digunakan untuk memperkenalkan keunikan dan ciri khas prodi HI UNS. Selain itu, adanya kegiatan ini juga digunakan untuk membangun relasi dengan instansi yang dikunjungi

Kunjungan ditandai dengan lawatan kesejumlah lembaga pemerintahan seperti IFI, BPPK Kemenlu, Kedutaan Besar Iran, Kemenko Kemaritiman yang dan ditutup dengan mengunjungi CSIS.

Studi ekskursi ini diharapkan akan memperkaya perspektif dan pengetahuan mahasiswa HI serta mendapatkan pemaparan langsung dari institusi kenegaraan terkait tentang bagaimana proses ataupun pendekatan yang dilakukan oleh negara-negara internasional terhadap tujuannya

(Penulis: Mardatilana Aini Kurnia)

 

 

 

Categories: Uncategorized

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

*
= 3 + 0