Untitled-1

 

Prodi Hubungan Internasional FISIP UNS mengadakan International Relations Course yang merupakan agenda tahunan dan dilaksanakan untuk menyambut para mahasiswa/i baru Program Studi Hubungan Internasional. Pada rangkaian acara IRC biasanya diisi dengan berbagai macam kegiatan yang berguna untuk membekali para mahasiswa baru dengan berbagai macam ilmu tentang presentasi serta tata cara penulisan karya ilmiah yang baik dan benar, tips and trick serta wawasan baru seputar kehidupan di kampus dan tentunya sebagai salah satu media pengakraban mahasiswa lintas angkatan.

International Relations Course yang biasa disingkat IRC pada tahun 2017 kali ini diketuai oleh Naufal Rhyo Ichwanda dari angkatan 2016. Agenda kegiatannya diadakan selama 5 hari dimulai dari tanggal 7, 11, 16, 21 dan 23 September 2017. Diawal dengan kegiatan Kelas Presentasi 1 difasilitasi oleh Departemen Akademik HIMATERS yang setelahnya memberikan kesempatan pada para mahasiswa baru untuk melakukan presentasi pada Kelas Presentasi 2 untuk melihat sejauh mana pemahaman mereka pada materi yang telah disampaikan pada Kelas Presentasi 1. Selain Kelas Presentasi terdapat juga pembekalan Teknik Penulisan Ilmiah atau TPI berisi tata cara penulisan paper atau karya tulis ilmiah yang sesuai dengan standar agar para mahasiswa baru tidak melakukan kesalahan fatal seperti plagiarisme yang sangat jelas dilarang di dunia perkuliahan.

Kemudian terdapat juga agenda pengenalan Forum Komunikasi Hubungan Internasional se-Indonesia oleh Presnas Korwil IV Amelia Katemba serta MUN 101 yang menjelaskan bagaimana teknis pelaksanaan Model United Nations. Selain MUN 101 yang berisi penjelasan teknis bagaimana pelaksanaan MUN yang baik dan benar, para mahasiswa baru juga diberi kesempatan mengikuti MUN sebagai delegasi dari berbagai negara yang membahas tentang isu Refugees.

Hari terakhir IRC diisi oleh agenda IR ASK (International Relations Alumni Sharing Knowledge) yang merupakan jembatan bagi alumni dan mahasiswa aktif HI UNS untuk saling berinteraksi satu sama lain. Acara ini bertujuan untuk membuka pandangan mahasiswa baru HI UNS terkait kehidupan kampus dan prospek setelah lulus dari HI UNS. IR ASK 2017 kali ini mengundang Nyphadear Tiara Scoorpy Ananda Putra, S.IP sebagai keynote speaker. Nyphadear atau yang kerap disapa sebagai “Mas Nipa” merupakan salah satu dari tiga alumni pertama prodi HI FISIP UNS. Menjadi bagian dari angkatan pertama prodi HI FISIP UNS, Mas Nipa memiliki pengalaman dan track record yang sangat baik sehingga didaulat menjadi pembicara dalam acara yang untuk pertama kalinya diselenggarakan oleh HIMATERS ini.

Selain Mas Nipa, terdapat pembicara lain yang dijadwalkan hadir namun berhalangan untuk hadir, yakni Haggie Aranda Wahab, S.IP atau yang kerap disapa Mas Haggie. Mas Haggie merupakan kawan sejawat Mas Nipa, dan juga salah satu alumni berprestasi HI UNS. Meskipun berhalangan hadir, namun melalui sebuah video Mas Haggie menceritakan pengalamannya dalam mengikuti kegiatan seperti Model United Nations, pertukaran pelajar, berbagai macam konferensi internasional, hingga volunteer di Solo Mengajar. Melalui video tersebut, Mas Haggie meyakinkan mahasiswa HI UNS bahwa mereka tidak salah dalam memilih HI UNS sebagai tempat belajar. Beliau juga menyampaikan keterbukaannya dalam menampung pertanyaan dan konsultasi dari mahasiswa HI UNS terkait materi perkuliahan, hingga tips dalam menghadapi interview pekerjaan. Setelah agenda IR ASK sukses dilaksanakan, agenda IRC pada hari terakhir ditutup dengan berbagai macam games dan penampilan yang sangat ditunggu-tunggu dari IR Choir dan IR Dance.

 

Categories: Uncategorized

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

*
= 3 + 3