1460872990515

HIMATERS, Surakarta—Forum Komunikasi Mahasiswa Hubungan Internasional se-Indonesia (FKMHII) Koordinator Wilayah (Korwil) IV menggelar Rapat Koordinasi Wilayah (Rakorwil) ke-4 di ruang seminar Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIP) Universitas Sebelas Maret (UNS), Sabtu (16/04/2016). Rapat yang rutin dilaksanakan tiap bulan ini diikuti oleh 11 universitas yang tergabung dalam keanggotaan Korwil IV yang meliputi wilayah Jawa Tengah dan Yogyakarta.

“Pada rapat kali ini, terdapat tiga agenda yang dibahas. Yang pertama adalah tentang FKMHII Milestones and Legacies (FML), ini adalah program yang kira-kira seperti MDGs milik PBB dan isinya adalah bagaimana kita membuat FKMHII menjadi forum yang produktif dengan tujuan dan capaian yang nantinya akan membuat seluruh mahasiswa-mahasiswa HI dapat berkembang,” ujar Presidium Nasional (Presnas) Korwil IV, Daniel Dompeipen, mahasiswa HI 2013 asal Universitas Gadjah Mada Yogyakarta.

Daniel juga menjelaskan dua agenda lain yang meliputi follow-up program kerja divisi-divisi FKMHII Korwil IV dan persiapan Sidang Forum (SF) untuk Pertemuan Sela Nasional Mahasiswa Hubungan Internasional se-Indonesia (PSNMHII) XXVIII yang akan diselenggarakan Mei 2016 nanti di Universitas Riau.

“Persiapan SF ini dilakukan untuk menciptakan kesepakatan bersama antaruniversitas di Korwil IV dan untuk mencegah terjadinya perbedaan pendapat nantinya, semacam konsolidasi,” tambah Daniel.

Saat ditanya mengenai dinamika pada Pertemuan Nasional Mahasiswa Hubungan Internasional se-Indonesia (PNMHII) XXVII UNS November 2015 lalu yang belum menemui kesepakatan mengenai tuan rumah selanjutnya, Daniel Menjawab, “pengajuan diri sebagai tuan rumah untuk PNMHII adalah tanggung jawab yang besar dan penuh risiko. Tahun lalu UNS telah berani mengambil risiko tersebut dan berhasil melaksanakan PNMHII. Hanya saja, untuk tahun ini, sejumlah universitas yang sebenarnya ingin dan siap menjadi tuan rumah merasa waktunya belum tepat dan dengan pertimbangan internal masing-masing.”

Hingga sebulan sebelum pelaksanaan PSNMHII XXVIII Mei nanti, belum ada kejelasan mengenai siapa yang akan mencalonkan diri sebagai tuan rumah PNMHII XXVIII. Daniel mengungkapkan PNMHII tahun ini bisa saja tidak terlaksana dan hal ini merupakan dinamika yang harus disikapi dengan kepala dingin oleh setiap anggota FKMHII karena sebelumnya dalam satu tahun pernah tidak terlaksana PNMHII. (Iim)

Categories: Uncategorized

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

*
= 4 + 5