IMG_5042

Masih lekat di ingatan mahasiswa HI UNS akan kegiatan Model United Nations (MUN) bulan Maret lalu. Kegiatan ini berhasil diselenggarakan pada Minggu (22/3/2015) di ruang seminar FISIP UNS dibantu oleh MUN Community dari UGM. Peserta MUN kali ini adalah mahasiswa HI 2014 ditambah beberapa orang dari angkatan 2013.

Secara singkat, Model Unites Nations adalah kegiatan simulasi sidang Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Program MUN yang diprakarsai oleh divisi akademik HIMATERS ini terbagi ke dalam empat pertemuan. Dua pertemuan pertama merupakan kegiatan pelatihan dan pemberian materi. Pertemuan ketiga merupakan technical meeting yang langsung dipimpin oleh MUN Community UGM. Puncaknya yakni pertemuan keempat, mahasiswa langsung mempraktekkan simulasi sidang PBB dengan pokok bahasan child marriage.

Pada kegiatan MUN kemarin, peserta diwajibkan menggunakan pakaian formal. Hal ini dilakukan untuk menunjang peran masing-masing peserta sebagai delegasi dari suatu negara. Acara ini berlangsung dari pukul 8 pagi hingga 3 sore. Awalnya, simulasi sidang berjalan alot. Terlihat dari sedikitnya peserta yang mengajukan motion. Memasuki tengah acara, ketegangan mencair dan peserta mulai aktif menyanggah pendapat-pendapat dalam forum. Keseluruhan rangkaian kegiatan MUN ini tentu menjadi pengalaman berharga khususnya bagi angkatan 2014. Para mahasiswa dan dosen HI UNS mengaku berharap kegiatan ini dapat terus terlaksana dan menjadi tradisi dalam Program Studi HI UNS ke depannya.

Oleh : Amanda Viega Linda, Himaters 2015.


0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

*
= 5 + 2